Aquaforest Sea Salt

Aquaforest Sea Salt

Aquaforest Sea Salt adalah salah satu tipe garam sintesis yang diproduksi oleh Aquaforest (produsen dalam bidang reef atau hobi aquarium laut) yang banyak digunakan oleh penghobi aquarium air laut sebagai pengganti air laut asli.

Perlu diketahui bahwa tipe air yang ada di hobi aquarium air laut ada 2, yaitu NSW (Natural Salt Water) dan ASW (Artificial Sea Water) untuk Aquaforest sendiri adalah ASW dimana sebuah garam sintesis yang harus di campur dengan air dan memiliki kadar salinitas tertentu agar sama seperti layaknya air laut yang asli.

Garam tipe ini lebih diperuntukan bagi tipe aquarium sederhana seperti Softcoral atau Fish Only, jadi tidak diperuntukkan bagi aquarium yang memiliki coral seperti SPS atau coral dengan tingkat kebutuhan mineral tinggi. Namun jika anda memaksa untuk menggunakan garam ini, anda harus menambahkan zat additive lain seperti BIG 3 (Kalsium, Alkanity dan Magnesium) untuk memenuhi kebutuhan coral.

Parameter salinitas pada Aquaforest Sea Salt

Untuk mendapatkan salinitas yang diinginkan, gunakan takaran gelas yang sudah disediakan (biasanya 2x gelas takaran penuh untuk 19L galon) kemudian silahkan di aduk sampai merata (lebih kurang 5-10 menit) agar garam larut sempurna. Tambahkan garam jika memang salinitas masih belum terpenuhi sesuai dengan tabel diatas.

Untuk pemakaian campuran ini, segera gunakan sampai habis jika tidak digunakan sampai habis maka waktu maksimal adalah 5 hari (lebih baik diaduk secara terus menerus untuk mempertahankan mineral yang ada)

Garam ini banyak digunakan oleh para penghobi air laut karena memang harganya cukup ekonomis jika dibandingkan dengan garam lainnya seperti Red Sea Salt, DD Ocean karena garam ini sudah lolos ICP tes (tes untuk kandungan garam yang diperlukan oleh biota laut yang hampir sama dengan kondisi air laut pada umumnya)

Untuk ukuran yang tersedia adalah 5kg, 7.5kg, 22kg dan 25kg. Natural Aquatics adalah salah satu toko aquarium laut yang menggunakan garam ini untuk memelihara ikan dan coral dengan tipe Soft Coral.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *