Aquarium laut tanpa skimmer

Aquarium laut tanpa skimmer | image credit RedSeaFish
Aquarium laut tanpa skimmer

Siapa yang tidak mau memiliki aquarium laut dengan isi ikan berwarna-warni dan juga terdapat berbagai macam coral yang indah dipandang mata. Tapi apakah mungkin memiliki Aquarium laut tanpa skimmer dan membutuhkan modal yang minimalis.

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah bisa, namun untuk memiliki Aquarium laut tanpa menggunakan bantuan skimmer harus diberikan perlakuan khusus karena memang dengan tidak adanya skimmer berarti kita harus bisa membuang zat-zat yang tidak baik yang ada di aquarium tersebut.

Perlu diingat bahwa fungsi skimmer pada aquarium air laut adalah membantu membuang zat-zat yang tidak bisa diurai pada ekosistem air laut yang ada. Dengan tidak adanya skimmer ini berarti kita harus membuang zat-zat yang tidak baik bagi biotanya.

Bagaimana cara membuang zat-zat tersebut ? tidak ada cara lain, selain melakukan yang namanya kegiatan wc (water change) dimana kita membuang 10 sampai dengan 20 persen air laut yang ada di aquarium dengan air laut (baik NSW maupun ASW) sehingga kandungan zat-zat yang tidak baik tersebut menumpuk.

Perlu diketahui bahwa zat-zat yang kurang baik pada aquarium (biasa disebut dengan nutrient) seperti nitrate dan phospate jika terakumulasi terlalu banyak bisa mengakibatkan biota yang ada di aquarium sakit bahkan mati. Ada batas tolerasi yang harus di penuhi agar biota di dalam aquarium dapat hidup bahkan juga bisa berkembang biak dengan baik.

Memiliki aquarium dengan ekosistem natural tentulah sangat baik karena sudah mendekati apa yang ada di habitat aslinya. Lain kali akan dibahas bagaimana membangun sebuah aquarium laut dengan menggunakan sistem filtrasi alami yang seperti ada di habitat aslinya. Sebagai contoh untuk mengontrol nutrisi aquarium dengan menggunakan macroalgae.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah jika membuat aquarium laut tanpa skimmer bisa dilakukan, namun juga diwajibkan melakukan wc (water change) agar nutrient yang ada bisa terkontrol dan sesuai dengan kebutuhan dari biota yang ada.

Selamat membuat aquarium laut, salam hobby air laut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *