Aquarium laut tipe FOWLR

Aquarium laut tipe FOWLR
Aquarium laut tipe FOWLR

Bermain aquarium air laut memang menyenangkan, tetapi sebelum bermain baiknya mengenal beberapa tipe aquarium laut, seperti Fish Only, Fowlr, Mixed Reef, Softies, dan SPS. Kali ini akan dibahas mengenai Aquarium laut tipe FOWLR yang hanya berisikan ikan dan bebatuan.

Aquarium tipe FOWLR adalah singkatan dari (Fish Only With Live Rock) dimana sebuah aquarium laut berisikan ikan dan bebatuan hidup (terdapat kehidupan mikro-organisme seperti coralline algae) tanpa adanya coral.

Aquarium dengan tipe ini lebih mudah untuk dimiliki jika dibandingkan dengan tipe Mixed Reef, SPS dan tipe lainnya karena tidak terlalu rumit untuk membuatnya. Namun masih ada hal yang perlu dimiliki untuk bisa mengoperasikan tipe aquarium jenis FOWLR.

Apa saja yang perlu dimiliki oleh aquarium jenis FOWLR ini ?

  1. Sistem filtrasi, memiliki sebuah sump itu adalah sebuah kewajiban karena dengan adanya sump ini sistem filtrasi akan dapat berjalan dengan baik. Apakah aquarium tanpa sump bisa ? bisa namun tidak akan maksimal karena sistem filtrasi ini adalah dapurnya aquarium untuk bisa mengolah limbah.
  2. Lampu, aquarium air laut wajib memiliki lampu karena tanpa lampu maka keindahan bebatuan live rock, ikan dengan warna eksotis tidak akan dapat dinikmati tanpa adanya lampu.
  3. Skimmer, alat pengolah limbah dengan membuat buih-buih sehingga kotoran yang ada di dalam air aquarium akan naik tersaring dan bisa dibuang.

Perlu diperhatikan bahwa untuk semua aquarium perlu menyelesaikan proses yang namanya Nitrogen Cycle dimana ammonia akan dirubah oleh bakteri menjadi nitrite kemudian akan dirubah lagi menjadi nitrate yang akan dikonsumsi oleh coral dan mahluk lain dalam aquarium.

Tingkat salinitas juga perlu diperhatikan agar ikan dan mikro-organisme lainnya dapat berkembang baik, salinitas yang disarankan untuk aquarium FOWLR ini adalah antara 1.024 sampai dengan 1.025 dengan suhu antara 26 derajat sampai dengan 30 derajat celsius.

Untuk parameter lain seperti Kalsium, Magnesium dan Karbonat tidak seberapa diperlukan di dalam aquarium tipe FOWLR ini dan cukup dengan melakukan WC (Water Change) secara regular seperti 2 minggu sekali atau bisa juga 1 bulan sekali sudah cukup.

Jangan lupa sekali-sekali untuk melakukan dosing bakteri dan dosing phytoplankton untuk menjaga ekosistem aquarium FOWLR anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *