Hama Aquarium Air Laut

Hama Aquarium Air Laut

Bagi kamu seorang reefer sejati ketika memiliki aquarium air laut namun tidak pernah mengalami serangan hama maka belum bisa dikatakan seorang reefer sejati. Karena banyak sekali Hama Aquarium Air Laut dan itu masih belum 100% di identifikasi. Simak yuk beberapa hama yang biasa ditemui.

Aiptasia Anemone

Salah satu hama yang paling sering dijumpai ketika memelihara coral adalah Aiptasia dimana memiliki bentuk seperti pohon palem yang bisa mengganggu coral yang ada dengan cara melakukan string pada coral sehingga coral yang terkena akan stress dan mati. Cara penyebaran dari aiptasia ini adalah menyebarkan telur pada air akuarium dan menempel pada permukaan apapun.

Coral Eating Nudibranchs

Hama yang satu ini adalah hama yang termasuk sulit untuk ditemui di akuarium, karena bentuknya yang kecil hampir tidak bisa dilihat sekilas. Bentuknya kecil dan bisa juga warnanya menyerupai coral yang ada disekitarnya dan memakan koral tersebut. Nudibranchs ini memakan coral baik jenis lps maupun sps tergantung dari jenis dari Nudibranchsnya. Untuk membasminya tergolong sulit karena memiliki telur yang biasanya tersebunyi pada bagian coral serta tidak mempan terhadap coral dip, maka cara yang paling manjur adalah melakukan pembersihan coral (dip) pada coral sebelum masuk pada akuarium.

Red Bugs

Hama yang satu ini tergolong kecil yang suka memakan coral tipe sps dimana bisa mengakibatkan sps akan menjadi gundul, biasanya jika sudah terjangkit dan tidak dibersihkan maka dengan cepat akan segera memakan habis sps. Cara membasminya hanyalah dengan melakukan pengambilan coral dan dibersihkan (dipping) serta melakukan karantina terhadap coral tersebut sampai benar-benar bersih.

Bristle Worms

Hama yang satu ini sebenarnya membantu dalam membersihkan sisa sisa makanan pada akuarium laut, namun jika sudah tidak tersedia sisa makanan maka selanjutnya akan memangsa coral yang ada. Untuk ukurannya bervariasi ada yang kecil dan sampai dengan ukuran besar. Bristle Worms dengan ukuran besar cenderung akan memangsa coral, terlebih pada coral dengan jenis lps. Untuk menangkap Bristle Worms bisa menggunakan botol yang didalamnya diberikan makanan sisa.

Majano Anemone

Hama yang mirip dengan aiptasia ini juga menyebar dengan cepat dan bisa juga melakukan sting pada coral disekitarnya.

Acropora Eating Flatworms

Hama satu ini adalah spesialis hama yang akan memakan coral tipe sps, dia akan lebih memilih coral sps daripada coral lps. Membersikan coral sebelum masuk ke dalam akuarium (dipping) sangat diajurkan untuk menghindar adanya hama ini.

Asterina Starfish

Jika dilihat sebenarnya asterina startfish ini mirip dengan sand sifter star namun bedanya asterina ini adalah hama yang menyerang tipe coral lps seperti zoanthids.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *