Pentingnya Phytoplankton di aquarium laut

Phytoplankton

Pentingnya Phytoplankton di aquarium laut untuk menjaga semua elemen yang ada untuk membentuk suatu ekosistem yang baik.

Apa itu Phytoplankton ?

Phytoplankton dikenal juga sebagai microalgae mirip dengan tumbuhan yang memiliki klorofil dan memerlukan cahaya untuk bisa bertahan hidup dan berkembang biak. Phytoplankton banyak ditemui pada permukaan air laut atau tempat dimana banyak terdapat cahaya. Untuk berkembang biak phytoplankton membutuhkan nutrients seperti nitrate, phospate dan sulfur.

Sekarang mari kita bahas kenapa Phytoplankton itu penting untuk keberlangsungan aquarium air laut.

Phytoplankton sebagai pengontrol nutrients dan menjaga kualitas air

Ketika air aquarium laut banyak mengandung nutrients (ammonia, nitrate dan phospate) maka tentunya tidak sehat bagi semua biota laut yang ada. Phytoplankton membutuhkan nutrients untuk bisa berkembang, mengkonsumsi nutrients yang ada dan dibantu dengan cahaya akan berkembang biak dengan baik. Selain itu juga mengurasi resiko algae lainnya seperti brown algae (diatoms), bryopsis, dinoflagellates dan algae tidak baik lainnya untuk berkembang.

Dengan terkontrolnya nutrients pada air aquarium air laut, secara otomatis kualitas air juga ikut terjaga karena tidak banyak limbah (nutrients) yang ada sehingga biota yang ada lebih sehat.

Phytoplankton menjaga kesehatan dan pertumbuhan terumbu karang

Terumbu karang adalah biota yang paling berharga pada aquarium air laut karena indah untuk dilihat tetapi kesehatannya bergantung pada kualitas dari air laut yang ada termasuk juga asupan nutrients yang terjaga. Jika terlalu banyak limbah maka terumbu karang akan sakit dan mudah terkena penyakit bahkan bisa juga mengalami kematian.

Phytoplankton adalah makanan alami bagi terumbu karang dimana nutrients yang ada adalah sebagai sumber makanan utamanya untuk bisa menjaga kesehatan, perkembangan, dan juga warna.

Phytoplankton menjaga populasi zooplankton

Phytoplankton sebagai pondasi utama dalam rantai makanan terutama bagi zooplankton dimana populasi copepods dan amphipods juga memakan phytoplankton yang ada. Mikroorganisme ini juga ikut mengkonsumsi phytoplankton yang ada untuk berkembang biak serta membantu untuk mengontrol algae yang merugikan seperti brown algae, bryopsis dan algae tidak baik lainnya.

Mikroorganisme ini juga merupakan makanan alami bagi ikan yang ada pada aquarium air laut, sehingga mereka akan bisa bertahan hidup walaupun tanpa adanya makanan tambahan.

Phytoplankton menjernihkan air dan membantu dalam penyebaran cahaya

Ketika phytoplankton subur berkembang biak di dalam aquarium maka secara otomatis kualitas air juga meningkat dan membuat jernih dimana phytoplankton mengurangi nutrients yang ada. Ingat bahwa phytoplankton memerlukan cahaya untuk berkembang biak dan secara otomatis akan membantu penyebaran cahaya yang ada di aquarium.

Dari ulasan diatas maka Pentingnya Phytoplankton di aquarium laut mutlak harus ada, oleh karena itu wajib untuk melakukan dosing (pemberian secara teratur) phytoplankton pada aquarium air laut kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *