Bakteri sultan aquarium laut

Bagi kamu penghobi air laut, baik pemula maupun sampai expert pasti memerlukan yang namanya bakteri, karena bakteri inilah yang membuat ekosistem aquarium laut berjalan sesuai dengan habitat aslinya. Kali ini akan kita list beberapa Bakteri sultan aquarium laut yang bisa membuat kantong kamu kering tetapi memang sesuai dengan kualitasnya.

Beberapa bakteri jenis sultan berikut ini berdasarkan harga.

Zeobank dari Korallen zucht
Zeobank dari Korallen zucht

Zeobak

Menduduki peringkat pertama pada jajaran bakteri sultan yang ada di Indonesia, Zeobak adalah bakteri terbaik baik untuk cycling maupun untuk dosing secara reguler. Di dalam Zeobak terdapat berbagai jenis bakteri (aerobic dan anaerobic) dimana jika digabungkan dengan Zeofood dan Zeostart akan meningkatkan konsumsi koral. Zeobak ini adalah produk dari korallen zucht dari jerman.

Bacto Blend
Bacto Blend dari Fauna Marin

Bacto Blend

Menduduki peringkat kedua jajaran bakteri yang tersedia di reefer indonesia, Bacto Blend ini mengandung komposisi halophilic dan phototropic yang diklaim lebih bagus kualitasnya daripada strain bakteri lainnya. Selain itu juga mengandung hydrlotic enzyme dan nitrogen spesial untuk mengurangi kandungan nutrisi yang berlebihan. Perlu diingat bahwa Bacto Blend ini juga diproduksi di jerman dibawah naungan Fauna Marin.

Dr Tim One and Only
Dr Tim One and Only

Dr Tim One and Only

Bakteri produksi dari Dr. Tim ini memang banyak mendapatkan perhatian dari para reefer yang ada dindonesia karena memang terbukti khasiatnya. Jika dikombinasikan dengan Dr. Ammonium Chloride untuk mempercepat proses cycling dengan metode fishless maka dalam waktu 7 hari sudah bisa diisi dengan ikan (jenis ikan kuat seperti nemo).

Perlu diingat bahwa ini hanyalah bakteri yang memang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan bakteri lainnya seperti Oxygenic, Bioptim dan Biodigest, Microbacter 7, Seachem Stability dan masih banyak produk bakteri yang beredar di kalangan reefer Indonesia.

Untuk mendapatkan kualitas air yang mature (sudah stabil) maka juga diperlukan koloni bakteri yang baik (baik untuk bakteri aerobic maupun anaerobic) untuk bisa memproses nutrient yang ada pada aquarium laut.

Untuk mendapatkan koloni bakteri yang baik diperlukan juga makanan bakteri yang baik, selain mengkonsumsi nitrate phospate yang ada di aquarium laut. Bakteri memerlukan tempat untuk berkembang biak, gunakan rumah bakteri yang baik juga agar bakteri bisa berkoloni untuk memberikan hasil yang maksimal.

Demikianlah Bakteri sultan aquarium laut yang banyak digunakan oleh para reefer yang ada di Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *