Perang dengan diatoms

Perang dengan diatoms
Perang dengan diatoms

Tentunya kamu akan merasa jengkel ketika aquarium laut kamu ada bercak-bercak coklat setengah kekuningan menempel pada pasir atau batu yang ada. Ketahuilah bahwa aquarium kamu sedang diserang oleh diatoms, nah simak bagaimana cara perang dengan diatoms dengan baik. Jangan sampai diatoms menguasai aquarium lautmu.

Kenapa bisa muncul diatoms ?

Diatoms adalah sejenis algae yang hampir muncul pada aquarium laut yang sudah menyelesaikan tahap cycling (tahapan membentuk ekosistem) dimana ada kandungan silicate pada air yang ada. Perlu diketahui juga sicilate adalah sejenis besi atau metal yang isinya adalah silikon dan oksigen. Diatoms ini muncul dengan karakteristik berwarna coklat kekuningan, biasanya muncul pada daerah pasir / batu atau daerah yang terkena cahaya putih.

Sumber diatoms

Sering kali kita tidak menyadari batu hiasan, air yang digunakan untuk topup untuk aquarium, makanan ikan yang kita berikan biasanya mengandung silicate dan bertemu dengan cahaya putih maka cenderung akan muncul diatoms.

Bagaimana cara Perang dengan diatoms ?

Untuk membunuh diatoms pada air laut adalah dengan mengurangi kandungan silicates pada aquarium air laut. Cara untuk mengurangi kandungan silicate adalah sebagai berikut :

  1. Gunakan air RO (Reverse Osmosis) yang rendah TDS (Total Dissolve Solid) jika kamu kesulitan mendapatkan air RO maka bisa menggunakan mesin RO untuk melakukan filterisasi air sehingga mendapatkan air dengan TDS rendah, bahkan 0
  2. Gunakan GFO (Granular Ferric Oxide) dimana menggunakan filtrasi untuk menyaring kandungan silicate pada air seperti Seachem PhosGuard, Rowaphos sehingga kandungan silicate akan berkurang.
  3. Belilah makanan ikan dengan kualitas yang baik, makanan ikan biasanya banyak mengandung Phospate dan Silicate sehingga ini bisa menyebabkan diatoms tumbuh subur.
  4. Kurangi itensitas cahaya lampu pada aquarium laut kamu ketika diatoms menyerang, kurangi kandungan silicate terlebih dahulu. Jika kandungan silicate sudah berkurang dan tanda-tanda dari diatoms sudah berkurang, kamu bisa mengembalikan intensitas cahaya putih lampu aquarium.
  5. Melakukan water change (mengganti air laut aquarium) dengan tujuan mengurangi kandungan silicate, namun jika air yang digunakan juga mengandung silicate maka cara ini tidak akan efektif.

Dengan menjaga kandungan silicate, maka diatoms tidak akan mendapatkan makanan dan lambat laun akan menghilang dengan sendirinya. Diatoms juga bisa muncul pada aquarium lama, karena adanya kandungan silicate.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *