Apa itu Vermetid Snails ?

Apa itu Vermetid Snails ?
Apa itu Vermetid Snails ?

Di dalam aquarium yang sudah berumur (stabil) biasanya muncul sesuatu yang aneh aneh seperti adanya vermetid snail, coralline algae, copepods dan masih banyak lagi hal aneh yang muncul. Perlu diketahui bahwa hal yang aneh-aneh ini apakah berbahaya atau tidak bagi kelangsungan aquarium laut kita. Oleh karena itu mari kita pelajari Apa itu Vermetid Snails ?

Vermetid Snails adalah sejenis gastropoda yang biasa dikenali dengan nama Cerithioidea yang kemudian dipecah menjad 3 famili besar. Untuk vermetid snail ini termasuk worm shell yang termasuk merugikan, karena bisa menyebabkan koral tidak tumbuh dengan baik. Ketika vermetid snail ini mendominasi aquarium maka coral lainnya akan terganggu.

Vermetid Snails ini mudah dikenali dengan mata biasa karena memiliki bentuk seperti batang yang tumbuh pada tubuh coral seperti gambar diatas. Ketika muncul, maka akan dengan segera mencari cara untuk bisa berkembang dengan baik dengan cara menyemprotkan lendir disekitar badannya. Oleh karena itu jika kamu menemukan vermetid snail, segera ditangani.

Bagaimana cara menangani vermetid snail ?

Untuk membuang vermetid snail ini agak susah karena memang tumbuh pada tubuh koral, selain itu berkembang biaknya termasuk cepat. Berikut ini adalah cara-cara untuk membunuh vermetid snail

  1. Gunakan lem super, dengan melakukan pemberian lem pada batang vermetid snail akan mencegah untuk keluar dan mendapatkan makanan dan lambat laun akan mati dengan sendirinya.
  2. Gunakan Hydrocloric Acid dengan cara mencelupkan koral yang memiliki batang vermetid snail, namun perlu diperhatikan bahwa cara ini juga mengandung resiko membunuh bakteri baik yang ada di aquarium jika masuk ke dalam aquarium.
  3. Cara manual dengan memotong tubuh vermetid snail, ambil koral yang ada vermetid snailnya kemudian kerik atau garuk dengan apa saja yang keras agar vermetid snail ini bisa lepas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *