Manfaat UV Sterilizer

Manfaat UV Sterilizer

Jika aquarium lautmu sedang tidak baik baik saja, dan terkena suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan karena memang penyakitnya cepat menyebar di air laut maka kamu bisa mencoba dengan menggunakan UV Sterilizer untuk membasminya. Yuk kita simak Manfaat UV Sterilizer bagi aquarium lautmu.

Perlu diketahui bahwa beberapa penyakit aquarium laut seperti ich atau biasa disebut dengan white spot adalah salah satu penyakit yang susah dikendalikan karena memang air laut dalam aquariummu mengandung bakterinya. Jadi untuk bisa membasmi jenis penyakit yang beredar luas di aquarium laut hanya menggunakan bantuak UV Sterilizer.

Selain bakteri, juga bisa membantu untuk membasmi parasit dan algae. Selain itu juga bisa membantu ketika terjadinya bacteria bloom (kondisi dimana bakteri banyak berkembang biak karena adanya banyak sumber makanan) dan membuat air menjadi keruh.

Dalam memilih UV Sterilizer juga perlu diperhatikan karena jangan sampai UV Sterilizer ini menjadi tidak efektif karena salah dalam memilih kapasitasnya. Selain itu penggunaan flow juga harus tepat untuk dapat membasmi penyakit secara maksimal.

UV UnitKapasitas Air AquariumLaju flow
8 watt70 gal / ± 264 liter642GPH
15 watt75 gal / ± 283 liter700 GPH
25 watt150 gal / ± 567 liter1200 GPH
40 watt325 gal / ± 1230 liter2900 GPH
Tabel UV Sterilizer

Selain memiliki banyak manfaat, namun UV Sterilizer juga memiliki kekurangan yaitu bisa membunuh bakteri baik (seperti bakteri aerobic dan anaerobic) oleh karena itu setelah melakukan treatment dengan UV Sterilizer maka disarankan untuk kembali melakukan dosing bakteri.

Selain membunuh bakteri, UV Sterilizer juga bisa mengganggu pengobatan misalnya pada tank karantina yang berisikan ikan yang sedang sakit dan di obat dengan cupramin, atau obat lainnya.

Pada umumnya untuk menggunakan UV Sterilizer memerlukan pompa tambahan yang memiliki fungsi menyedot air dan melewatkan air tersebut pada lampu UV Sterilizer dan kembali mengalirkan ke dalam aquarium.

Ada beberapa reefer yang menggunakan UV Sterilizer 24 jam dalam sehari, namun ada juga yang menggunakan sesekali ketika terjadi masalah pada aquarium lautnya. Jadi bijaklah dalam menggunakan UV Sterilizer pada aquarium laut kamu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *