Aiptasia hama laut menyebalkan

Aiptasia

Salah satu hama di aquarium air laut yang biasanya muncul ketika kita membeli coral dari pedagang coral adalah aiptasia, perlu di ketahui bahwa aiptasia ini sangat mengganggu ketika sudah menyebar di dalam aquarium. Yuk simak bagaimana Aiptasia hama laut menyebalkan ini bisa dibasmi dengan beberapa cara berikut ini.

Sekilas tentang aiptasia

Aiptasia adalah salah satu hama yang sering dijumpai ketika kita memelihara coral di dalam aquarium air laut. Nama lain dari aiptasia adalah glass, rock, tube atau glas rose anemon dimana memiliki kemampuan untuk berkembang biak secara cepat, bisa dengan cepat memakan makanan dan menempati seluruh sudut di aquarium.

Ciri ciri dari aiptasia ini adalah memiliki bentuk seperti pohon palem dan memiliki tubuh yang diujungnya memiliki tentakel. Beberapa jenis aiptasia memiliki warna coklat transparan dikarenakan memiliki hubungan dengan zooxanthellae dimana memiliki sumber makanan dari nutrients seperti No3 dan Po4 serta energi dari cahaya yang ada.

Perlu diingat bahwa tentakel dari aiptasia ini dapat mengakibatkan sting dengan koral lainnya yang ada di aquarium dan aiptasia ini dapat bersembunyi pada lubang batu aquarium terkecil sekalipun ketika merasa dalam bahaya.

Bagaimana cara untuk membasmi aiptasia ?

Jika aiptasia sudah terlanjur sangat banyak maka dianjurkan untuk mengangkat batu yang terdapat hama ini, kurangi asupan makanan dengan cara broadcast feeding pada akuarium gunakan metode direct feeding pada koral.

Beberapa predator dari aiptasia ini adalah Peppermint shrimp, Copperband Butterflyfish (Kepe Monyong) dimana kedua biota ini dapat memburu semua aiptasia yang tumbuh di dalam akuarium. Selain kedua predator tersebut diatas, ada juga jenis nudibrach seperti berghia dimana juga bisa membantu untuk mengurangi populasi dari aiptasia.

Cara lainnya selain predator adalah dengan menggunakan bahan kimia seperti AiptasiaX tentunya harganya juga sedikit mahal. Beberapa metode murah bisa digunakan seperti dengan menggunakan air lemon yang diinjeksikan pada mulut aiptasia dengan menggunakan suntikan juga bisa digunakan untuk membunuh aiptasia. Selain air lemon juga bisa menggunakan air panas, namun cara ini agak susah karena biasanya air panas akan susah untuk digunakan dengan suntikan.

Selamat membasmi Aiptasia hama laut menyebalkan ini

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *