Topup air laut pakai air hujan

Topup air laut pakai air hujan

Mungkin dari para penghobi air laut ada pertanyaan yang masih membingungkan, apakah toptup air laut pakai air hujan apakah bisa ? apakah aman ? mari kita bahas secara detail

Proses terbentuknya air hujan

Secara sederhana air hujan terbentuk melalui tiga tahapan, yaitu evaporasi, kondensasi dan presipitasi.

EVAPORASI

Dimana evaporasi adalah proses penguapan air yang ada di bumi baik di permukaan (daratan dan perairan) dimana hal ini terjadi karena adanya suhu panas dari bumi dimana akan menjadi uap air yang menuju ke atas dan menjadi awan.

KONDENSASI

Proses yang kedua adalah ketika proses terjadinya hujan ketika evaporasi naik ke atmosfer kemudian mengalami pengembunan dimana terbentuknya partikel es dimana partikel es tersebut bisa jadi mengumpul menjadi awan.

PRESIPITASI

Proses akhir adalah mencairnya partikel es yang menjadi awan tersebut turun ke bumi dimana awan yang ada sudah tidak mampu lagi menahan berat air sehingga turun menjadi hujan.

Pada proses diatas bisa jadi ketika proses terjadinya evaporasi mengandung bahan mineral yang membahayakan, misalnya air pada tampungan berbahan besi secara otomatis akan ikut terangkat ke atas. Selain itu bisa jadi ketika terjadi hujan, di daerah tersebut banyak polusi dimana air hujan ikut juga mengangkut partikel-partikel yang membahayakan dari polusi.

Nah ketika air hujan tersebut kita gunakan sebagai topup pada aquarium air laut dimana secara tidak langsung juga mengandung mineral / partikel yang berbahaya bagi biota aquarium laut kita. Selain mengandung hal yang berbahaya, TDS (Total Dissolve Solids) yang bervariasi. Secara umum TDS air hujan yang sehat adalah sekitar 30 ppm sangat bagus untuk topup namun di daerah lain bisa jadi TDS yang ada lebih jelek lebih dari 100 ppm sehingga mengakibatkan munculnya lumut.

KESIMPULAN

Sekarang paham kan kenapa air laut ketika digunakan untuk topup pada aquarium air laut tidak direkomendasikan kecuali kalo memang sudah di tes pada daerah kamu memang tidak ada pollutan yang ikut pada air hujan. Selain itu biasanya air hujan juga bisa digunakan sebagai bahan untuk water change.

Selain itu Topup air laut pakai air hujan juga berpotensi untuk merubah pH yang ada di aquarium kamu, untuk pH sendiri normalnya adalah 7 sampai dengan 8 dimana kandungan pH dibawah 7 bisa dikatakan bahwa air tersebut adalah acid (asam) jika diatas dari 7 adalah menjadi alkali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *